Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Hi pals. Pastinya kalian tahu kalau Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional dan Bahasa Global. Apa maksud dari Bahasa Global?

Manfaat Belajar Bahasa Inggris
Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Global memiliki arti mencakup keseluruhan belahan bumi, seluruh dunia. 

So, inilah kenapa Bahasa Inggris disebut juga sebagai Lingua Franca dalam dunia global. 

Waduhhhh apalagi itu Lingua Franca? Lingua Franca memiliki arti sebagai bahasa pengantar. Yap dari perbedaan bahasa yang dimiliki setiap negara, peranan Bahasa Inggris sangat-sangatlah penting sebagai alat komunikasi. 

Contoh nih ya, saat saya kuliah di luar negeri, di negeri Gandhi, India, banyak sekali bahasa daerah yang mereka miliki. Nah karena saya pengen ngomong sama mereka, akhirnya saya dan orang India berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

Kalian bisa kan bayangkan kalau misal saya ngomong pake Bahasa Indonesia, terus orang Indianya pake bahasa Hindi atau bahasa Telugu (salah satu bahasa daerah di India). Hehe, pasti tidak nyambung, atau istilah kerennya Miscommunication and misunderstanding.

Nah agar pals semangat belajar Bahasa Inggris dari sekarang, Di dalam artikel ini, kita akan melihat manfaat-manfaat belajar Bahasa Inggris. ayo kita lihat apa saja manfaat mempelajari Bahasa inggris:

1. Dengan Bahasa Inggris kalian bisa kuliah di seluruh negara belahan dunia

Kok bisa ya, tentu sangat bisa. Sebagai contoh pengalaman pribadi saya kuliah di India di kelas internasional dimana ada banyak mahasiswa berdatangan dari negara lain. 

Maka kamipun di kelas berbicara dengan Bahasa Inggris untuk komunikasi sesama teman dan kepada para dosen. 

2. Dengan Bahasa Inggris kamu  bisa dapet beasiswa kuliah di dalam dan di luar negeri

MaashaAllah.. mau banget kuliah ke luar negeri pake beasiswa. Eits syaratnya kalian harus bisa Bahasa Inggris. Ada beberapa test yang wajib kalian lakukan seperti test TOEFL, IELTS, dll.

Kedua test ini dijadikan syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Seperti contoh beasiswa dari pemerintah Indonesia yaitu LPDP, beasiswa Chevenning, Beasiswa ICCR dll. Tapi tidak  menutup kemungkinan pals, ada beberapa beasiswa yang tidak mewajibkan test TOEFL dan IELTS. Meskipun sedikit secara presentase. Nah setidaknya pals harus bisa komunikasi secara lisannya lancar. 

3. Dengan Bahasa Inggris kalian akan mudah mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karir

Betul sekali, saya pernah ngobrol nih sama teman saya yang bekerja di perusahaan swasta tapi sudah ekspor produk ke banyak negara, katanya banyak perusahaan besar yang berskala internasional mewajibkan tes wawancaranya pakai Bahasa Inggris. Waduh, ngeri ya!

Ya engga ngeri juga kali... kalau kalian Bahasa Inggrisnya lancar baik tulis dan lisan, kalian bisa kok menghadapi  interview tersebut. Contoh lagi saat test BUMN, ternyata dibutuhin juga skor TOEFL. Selain itu juga, Bahasa Inggris akan jadi keterampilan yang sangat mendukung karirmu ke depan. Contoh nih ya, saya pernah mengajar dokter dan dia akan melanjutkan pendidikan spesialis, ternyata tes nya pakai Bahasa Inggris guys. Tes wawancara, tes tertulis, tes presentasi pun pakai Bahasa Inggris. Selain itu saya juga pernah ngajar Bahasa Inggris secara private para polisi yang ingin naik pangkat. Hemm kebayangkan betapa perlunya pals bisa Bahasa Inggris. 

4. Bahasa Inggris Bahasa Internet

Saat kalian berselancar di dunia maya, kalian pasti akan menemukan banyak sekali artikel-artikel yang tertulis dengan Bahasa Inggris. Jika kalian ingin mengeksplorasi informasi seluruh dunia hanya dengan internet, pasti kalian akan membaca informasi tersebut dengan bahasa Inggris. Banyak sekali jurnal berskala Internasional yang menggunakan Bahasa Inggris.

5. Dengan Bahasa Inggris kalian bisa travelling.

Contoh aja saat kalian di bandara, kalian lihat banyak sekali informasi di bandara yang ditulis dengan Bahasa Inggris. Hemm apalagi bandara Internasional. 

Selain itu saat pals tiba ditempat wisata tujuan, kalian pasti akan berbicara dengan Bahasa Inggris. Baik saat memesan minuman, makanan, penginapan di hotel dll. Hehe, emang sih ya kita butuh duit juga kalau jalan-jalan ke luar negeri. 

6. Dengan Bahasa Inggris kalian bisa jadi penguasaha berskala internasional

Dari cabang keilmuan, Bahasa Inggris juga tersedia keterampilan khusus yaitu English for Business. Sebuah kelas yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan Bahasa Inggris komunikasi lisan dan tulis untuk para pebisnis. Dengan menguasai Bahasa Inggris untuk bisnis, kalian bisa jadi pengusaha mendunia. Kalian bisa memasarkan produk kalian dengan Bahasa Inggris. Bisa membangun kerja sama secara global dengan perusahaan luar negeri, tentunya dengan komunikasi yang baik yaitu speak English fluently.  Apa lagi kalau pals bisa komunikasi secara tertulis Bahasa Inggris, contohnya untuk mengirim pesan melalui email, WhatsApp dan media komunikasi lainnya maka pals akan lebih mudah membangun kepercayaan dengan mitra bisnis yang ada di luar negeri. Terkhusus lagi bisnis bidang ekspor.

Kalian tahu kan pengusaha terkenal pemilik Alibaba Group? sebuah perusahaan marketplace yang mendunia didirikan oleh Jack Ma. Saat Jack Ma mengisi seminar motivasi, diapun berbicara dengan Bahasa Inggris. 

Hemm apalagi ya manfaat kalau kita belajar Bahasa Inggris, tentunya ada banyak sekali manfaat yang belum saya sebutkan di atas.

Nah kalau kalian pengen banget ngasah keterampilan Bahasa Inggris kalian. Kalian bisa  gabung di kelas private saya, dibimbing sampai bisa! yuk pals silakan lihat pilihan kelas di sini.

Purwanto
Purwanto Hello pals, Let's get acquainted! My name is Purwanto. I have been teaching English for students and professionals. I accomplished my master degree in The English and Foreign Languages University, India. I wish you could take some benefits from this site. Have a blast!

Post a Comment for "Manfaat Belajar Bahasa Inggris"